Jumat, 13 Maret 2009

Tips Persiapan Walk In Interview

Ho..ho..hoo.. yupz, this is my first artickle, finally I’ve got my own blog yeah ;-)

Mw share dikit neh, jum’at kemarin (tanggal 6 Maret) an ikutan walk in interview yang diadain sama BANK SINARMAS yang infonya an dapet dari harian KOMPAS sabtu (tanggal 28 February), mungkin karena yang ngadain salah satu bank terkemuka makanya tempat yang dipilih yang lumayan luas di JIEXPO PRJ kemayoran Lt. 4 ruang bromo.

Saking noranya jarang kedaerah sono, dan dengan penuh ke sok tau-an akhirnya diriku nyasar deh hahahahahahah…. Rencana yang tadinya mau sampe sana jam 8.30 kandas sudah, akhirnya an sampe disana skitar jam 9.45. Betapa syocknya pas sampe ditempat acara, keluar lift aja susah coz depannya dah banyak orang yang pada antri, parahnya lagi ternyata antrinya muter2 kaya uler, satu hall itu sampe penuh loch, penuh sama orang yang antri maupun ema2 n bapa2 yang duduk2 sambil nungguin anaknya..ppffuuuhh..

Itu mang bukan pengalaman pertama an ikutan walk in interview, tapi itu walk in interview dengan jumlah pelamar terdahsyat yang pernah an ikutin, so… an punya beberapa tips nih buat kamu-kamu yang pada pengen ikutan walk in interview, here they are :

* Sarapan
Yup..yup…yup... jangan sampe lupa sarapan, klo tempur dengan perut kosong bisa2 kita kalah sebelum ktemu musuh, apalagi yang punya maag, mesti fit khan.

* Doa
Penting nih, kita kan hanya bisa berdoa & berusaha, selebihnya biarkan Allah yang memutuskan, klo usaha tanpa doa ya ga afdol lah hehe.

* Pakaian yang nyaman
Inget kita ga sendirian pas walk in interview, biasanya saking banyaknya orang kadang menyebakan AC ga berjalan dengan semestinya, ga enak kan klo kita pake baju yang keren buanget dibadan tapi rasanya ga nyaman sedangkan kita mesti menunggu giliran, ga lucu juga klo sebelum tiba giliran kita dah burket :-p & penting juga buat cewe2 yang pengen gaya2 pake high heels pas interview tapi blum biasa, mending bawa sandal teplek deh buat jaga2, antri sambil berdirinya kan lama tuh, sbelum deket giliran kita kayanya sah-sah aja klo kita ganti dulu daripada ntar terpincang2 gara2 kaki lecet.

* Bawa peralatan tempur lengkap
Yang ini c udah pasti harus bawa ya..such as resume,CV,copy KTP,Foto,Sertifikat,Alat2 tulis yah pokonya yang nyangkut2 itulah ok.

* Persiapkan mental & jaga mood
Karena an orang yang amat sangat moody, so buat orang2 yang kaya diriqu harap mood dijaga baik2, siapkan mental juga, jangan sampe kita gugup n panic, apalagi kita akan langsung bertemu dengan si pewawancara, so siapkan diri biar bisa tampil sesempurna yang kita inginkan.

* Snack
Again buat an ini penting, lumayan buat isi perut disela-sela waktu menunggu yang membosankan, bawa agak banyak buat temen2 disamping kita juga ga dilarang kok

* Shalat
Yuhuuu…menurut an ini sangat penting, for exemple pengalaman an yang ini, berhubung waktu hari jumat & pesertanya banyak banget, jadi pas waktu jam 12an penyelenggara keluar & bilang klo dikasih waktu break buat shalat jum’at n lunc… But you know what, an ga percaya reaksi para pelamar yang antri dengan setia itu, mereka bukannya menyambut dengan hati tapi malah menjawab “wwwuuuuu” panjang dengan sangat serempak. An ga abis piker deh, pelamar yang hamper setengahnya laki-laki itu ga ada yang ninggalin tempat n ngelakuin kewajibannya shalat jum’at, paling Cuma beberapa orang aja, pas an Tanya jawabannya ternyata “dah antri cape2 takut tempatnya ditempatin orang mba”. Oh my god, an Cuma bisa ngurut dada deh klo dah gitu, an yakin yang namanya rejeki tuh dah diatur sedemikian rupa dang a mungkin tertukar, so an ga bisa membenarkan siapapun yang meninggalkan shalat just for a stupid reason like that!

* Charge full HP
Paling enak menunggu sambil ngotak-atik HP, bisa smsan ma temen, chatting, nulis blog, internetan or main games kan, so rugi banget klo ternyata batre HP low.

* PD & thing positif
PD itu penting, walk in interview dengan banyaknya peserta kadang suka bikin kita jiper. Ke PD an mereka kadang suka bikin kita terintimidasi,so.. ayo pupuk PD kita & jangan lupa think positive, kita hebat kok ga kalah sama yang lain, kita dah sampe disini so kita ga kalah kualifikasi dari yang lain dong tentunya..

* Menjawab dengan singkat, jelas, padat
Banyaknya peserta bikin pewawancara kewalahan juga pastinya, so kmungkinan besar mereka hanya akan menanyakan beberapa pertanyaan mendasar sama yang diajukan rata kesemua pelamar, jadi ga usah kebanyakan “show up” yang bikin pewanwaca malah pusing, jawab aja secara jelas, singkat dan padat. Klo kita sudah lolos ketahap berikutnya (biasanya tes atau wawancara kedua) baru deh kita unjuk gigi.

Sooo… semoga bermanfaat ya, ada yang mau nambahin???

2 komentar:

  1. jagan lupa jg tuh bawa olirepsol..bt pelicin waktu intervieuw.,tp hati2 jagan pei kepleset..tuh oli>> (adems)

    BalasHapus